Header AD

header ads

Sosok Manusia Mulia Adalah Rasulullah SAW



1. Roh Nabi Muhammad SAW diciptakan sebelum adanya Nabi Adam. Waktu itu para malaikat tidak mau bersujud kepada Nabi Adam, kata para malaikat : "Untuk apa Engkau menciptakan manusia yang akan berbuat kerusakan?" tetapi setelah para malaikat itu melihat roh Nabi Muhammad SAW yang penuh Nur atau cahaya maka para malaikat akhirnya mau bersujud kepada Nabi Adam.


2. Nabi Adam berdosa dengan memakan buah khuldi (kalau untuk laki2 buah khuldi menjadi jakun dan untuk perempuan buah khuldi menjadi maaf buah dada), untuk memohon ampun kepada Allah SWT, Nabi Adam bersyahadat (Tiada Tuhan selain Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah SWT).Allah SWT bertanya kepada Nabi Adam (padahal Allah SWT mengetahui jawaban apa yang dipertanyakan-Nya) : "Darimana kamu tau soal Muhammad?" Nabi Adam menjawab karena di pintu surgamu tertulis "Tiada Tuhan selain Allah SWT dan Nabi Muhammad utusan Allah SWT"
3. Ketika Nabi Adam melamar siti Hawa, mas kawinnya adalah bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW

4. Pada zaman Nabi Musa ada seorang pemuda yang dianggap sampah masyarakat. Pada waktu itu sampah masyarakat itu langsung dibuang di tempat sampah atau di gurun tanpa di kubur secara layak. Kemudian Allah SWT menegur Nabi Musa "Kenapa kamu tidak mengubur secara layak wali-Ku?" Nabi Musa sambil bingung menjawab "Bagaimana dia menjadi wali-Mu sementara dia selalu berbuat dosa?". Allah SWT menjawab "dia menemukan satu kata, Muhammad, di dalam kitab Taurat, dia memberi pengharum pada kata Nabi Muhammad dan diletakan di bawah bantalnya tatkala dia tidur"


5. Pamannya Nabi Muhammad SAW yaitu Abu Lahab yang memerangi Nabi tetapi setiap hari Senin pamannya itu diangkat dari api neraka dan dari 10 jarinya keluar air susu karena pada waktu hari kelahiran Nabi, Abu Lahab sangat bergembira akan kelahiran Nabi dan disuruhnya budak Abu Lahab untuk menyusui Nabi dengan balasan budak tersebut akan dibebaskan setelah dia memberi air susunya kepada Nabi.


6. Pada awal dakwahnya, Nabi Muhammad SAW dilempari batu hingga pelipisnya berdarah, malaikat Jibril menawarkan bantuan "Ijinkan aku (Jibril) melemparkan gunung itu kepada orang2 yang telah melukaimu" Nabi menjawab "Jangan, mereka itu belum mengetahui, semoga Allah SWT memberi hidayah kepada mereka"

7. Nabi Muhammad SAW adalah orang yang sederhana bahkan ketika malaikat Jibril menawarkan Nabi agar Jibril mengubah sebuah gunung menjadi emas, Nabi menolaknya.

8. Nabi Muhammad SAW kalau melewati suatu jalan pasti dilempari batu atau kotoran oleh seorang Yahudi. Tetapi ketika suatu saat si Yahudi itu tidak melemparinya, Nabi heran dan bertanya kepada tetangganya "Kemana orang yang sering melempari saya?" Tetangganya menjawab "dia sedang sakit". Nabi malah menjenguknya dengan membawakannya makanan. Yahudi ini berkata "Engkau tidak jantan datang kesini waktu aku sakit". Nabi berkata "Aku kesini menjengukmu, mendoakanmu supaya sehat, karena kalau kamu sehat, kamu bisa melempari aku lagi, aku rindu dengan lemparanmu itu". Yahudi itu heran dengan sifat mulia Nabi akhirnya si Yahudi masuk Islam.


9. Pada waktu itu ada sayembara untuk membunuh Nabi kemudian ada seorang Yahudi yang menyanggupinya, akhirnya Nabi dan yahudi ini perang tanding, akhirnya si yahudi kalah tetapi si yahudi tidak dibunuh malah dikasih makan dan minum dan disuruh Nabi untuk pulang, setengah perjalanan pulang akhirnya si yahudi ini kembali kepada Nabi dan akhirnya masuk Islam

10.Ketika selesai sholat subuh, Nabi Muhammad SAW selalu menyempatkan diri ke pasar di daerah Madinah. Nabi menyuapi orang tua yahudi yang buta tanpa berkata apa2 ketika menyuapinya, padahal orang tua itu selalu menghina Nabi. Karena orang tua itu buta sehingga tidak tahu siapa yang menyuapinya. Gigi orang tua buta itu ompong sehingga Nabi harus mengunyahkan makanan sampai halus dan memberikan kepada orang tua itu. Begitu seterusnya hingga Nabi menghembuskan nafas terakhirnya. Pada suatu ketika Abu Bakar bertanya kepada Aisyah "Adakah perbuatan dari Nabi yang belum aku kerjakan?". Aisyah menjawab "Setiap pagi, Rasulullah SAW selalu pergi ke ujung pasar dengan membawakan makanan untuk seorang pengemis Yahudi buta yang ada di sana". Kemudian, Abu Bakar pergi ke pasar tersebut untuk menyuapi orang tua buta tersebut. Orang tua tersebut sedang menghina Nabi "Wahai saudaraku, jangan dekati Muhammad, dia itu orang gila, dia itu pembohong, dia itu tukang sihir. Apabila kalian mendekatinya, maka kalian akan di pengaruhinya". Kemudian Abu Bakar pun menyuapinya. Orang tua buta ini berasa berbeda dengan orang yang memberikan makanan ini. Orang tua yahudi buta ini berkata "Siapa kamu? kamu bukan orang yang biasa memberikanku makanan? kalau orang biasa yang memberikanku makanan, dia menghaluskan makananku hingga aku dengan mudah menelannya". Abu Bakar menjawab "Orang yang biasa memberikanmu makanan telah meninggal, tahukah kamu siapa dia? Dia adalah Nabi Muhammad SAW, orang yang biasa kamu hina". Orang tua yahudi buta itu kemudian menangis dan akhirnya dia masuk Islam.


11. Ketika berperang Nabi Muhammad SAW pun punya etika perang "Jangan membunuh perempuan dan anak2, jangan menghancurkan rumah ibadah agama lain, jangan menganiaya prajurit musuh yang sudah menyerah, jangan menginjak rumput"

12. Nabi Muhammad SAW sangat menghormati istrinya, pada waktu itu Nabi pulang kemalaman setelah berdakwah, karena tidak mengganggu istrinya, Nabi tidur di depan pintu dengan menggunakan sorban sebagai alas tidurnya padahal istrinya, Aisyah, tertidur di sisi pintu lainnya yang menunggu suaminya pulang

13. Allah SWT pun bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Hanya Nabi yang dipuji oleh Allah SWT. Didalam surat Al-Ahzab ayat 56 "Sesungguhnya Allah SWT dan malaikat-malaikatNya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman ber-sholawat-lah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya"

14. Ada seorang nenek2 yang ditinggal mati suaminya akibat berjihad di medan perang, untuk menghindari fitnah karena Nabi ingin menafkahi nenek2 itu akhirnya Nabi menikahi nenek2 itu. Hal yang perlu digarisbawahi bahwa Nabi menikahi perempuan itu ikhlas dan perempuan itu tidak pernah ditiduri Nabi.

15.Hanya Nabi yang tidak bisa diserupakan wajahnya ketika iblis, jin atau setan berubah wujudnya menjadi manusia. Karena memang sunatullah nya iblis, jin atau setan bisa berubah wujud menjadi makhluk apapun yang dikehendakinya termasuk berubah menjadi manusia.


16. Ketika menjelang ajal Nabi Muhammad SAW, Nabi memohon kepada Allah SWT untuk memberikan sebagian besar sakaratul maut umatnya kepadanya, bayangkan betapa sakit sakaratul maut Nabi. Sebagai perbandingan, Nabi Idris mempunyai mukjizat dihidupkan kembali oleh Allah SWT setelah dicabut nyawanya oleh malaikat Izroil, Nabi Idris berkata bahwa sakitnya sakaratul maut yang paling lembut itu 1000 kali lebih sakit dibandingkan makhluk yang hidup dikuliti tetapi setelah sakit sakaratul maut kita sebagian besar ditanggung Nabi maka sakitnya seperti di dalam sebuah hadis "sakitnya sakaratul maut itu 300 kali lebih sakit dibandingkan dipukul gagang pedang". Bermiliar-miliar umatnya hingga akhir zaman yang sakit sakaratul mautnya itu sebagian besar ditanggung Nabi, wah betapa sakitnya penderitaan sakaratul maut Nabi.

17. Nabi Muhammad SAW itu sangat sayang kepada umatnya, ketika Nabi mau meninggal Nabi berucap "umati, umati, umati" (umatku, umatku, umatku). Ketika kita dibangkitkan setelah hari kiamat, Nabi mencari2 umatnya "dimana umatku?" bukan mencari keluarganya

18. Muhammad berarti "yang terpuji", di utus ke dunia sebagai rahmat bagi semesta alam

Marilah kita selalu membacakan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW
Sosok Manusia Mulia Adalah Rasulullah SAW Sosok Manusia Mulia Adalah Rasulullah SAW Reviewed by KAJIAN TAFSIR on 6:28 AM Rating: 5

No comments

Post AD

home ads