Header AD

header ads

Domain Gratis? Kenapa Tidak?

Era Ummat - Pada umumnya, jika Anda menginginkan sebuah domain TLD terpasang di blog Anda, Anda harus melakukan pembelian di layanan penyedia domain, seperti NameCheap, GoDaddy, Hosgator, atau Google Domains untuk pembelian domain secara Internasional, dan Niagahoster, Idcloudhost, Idhostinger, atau DewaWeb untuk pembelian domain secara lokal.

Dengan harga pasaran saat ini, jika Anda ingin mendapatkan sebuah domain, sedikit-dikitnya Anda harus merelakan budget sebesar 125,000 untuk sebuah domain TLD berekstensi .com dengan berdurasi selama satu tahun.

Walaupun jumlah tersebut dapat terbilang cukup murah, kostumisasi yang mampu membuat sebuah blog terlihat lebih professional dengan untuk melepaskan belenggu embel-embel .blogspot.com atau .blogspot.co.id (jika Anda menggunakan platform Blogger) dari sebuah website ini masih membuat sejumlah orang ragu untuk membelinya, kenapa kita harus membayar hanya untuk sebuah nama domain?

Pemikiran yang cukup masuk akal, berbeda dengan halnya hosting yang memang membutuhkan biaya operasional dan perawatan server di datacenter, seharusnya jika hanya sebuah domain, yang merupakan sebuah nama, kita tidak dikenakan biaya untuk itu.

Tidak hanya itu, untuk mendapatkan sebuah domain .ID, kita dituntut untuk menyiapkan biaya sebesar 400,000 per tahun untuk dapat mendaftarkan domain yang merupakan country code Indonesia tersebut.

Lalu, apa yang menyebabkan sebuah domain menjadi mahal?
Sejujurnya, saya sendiri juga tidak tahu persis apa yang menjadi alasan mahal-tidaknya harga sebuah domain, serta bagaimana mekanisme registar domain. Akan tetapi , berbeda dengan Indonesia, dengan Country Code Top-Level Domain yang memiliki harga setinggi selangit, di luar sana ada sejumlah Negara yang membuat sebuah kebijakan khusus dengan membebaskan warga negaranya untuk mendaftarkan domain dengan country code Negara mereka secara cuma cuma, alias gratis.

Jika Anda pernah mengunjungi sebuah situs yang memiliki ekstensi atau akhiran seperti cz.cc, .co.nr, .cf, .ga, ml, .tk, .co.vu, .cu.cc, .gq, .free, maka dapat dipastikan bahwa mereka menggunakan domain gratis.​

Walaupun gratis, Anda diberikan control penuh untuk me-manage domain gratis Anda seperti halnya domain berbayar, hanya saja, agar domain Anda tetap awet dan tetap bisa dipakai, Anda harus mengikuti setiap kebijakan yang ditetapkan oleh setiap penyedia layanan domain name registrar.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan domain domain gratis tersebut, Anda dapat mendapatkannya dengan membuat sebuah akun, dan mendaftarkan domain yang Anda inginkan dari salah satu situs berikut ini, berikut diantaranya:


Sumber: https://sekolahblogger.net/index.php?threads/daftar-situs-penyedia-domain-gratis-selamanya.213/
Domain Gratis? Kenapa Tidak? Domain Gratis? Kenapa Tidak? Reviewed by KAJIAN TAFSIR on 10:21 PM Rating: 5

No comments

Post AD

home ads