Header AD

header ads

Hakim Tanya Saksi Apakah Proyek E-KTP Jatah Golkar

Sejumlah pengunjuk rasa yang tergabung dalam Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (PEKAT-IB) menggelar aksi mendukung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk membongkar kasus korupsi Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau E-KTP di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (22/3)

eraummat.com - Pengadilan Tindak Pidana Koruptor kembali melanjutkan persidangan terkait kesaksian mega korupsi E-KTP di Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (23/3/2017). Dua orang saksi yang hadir merupakan mantan wakil ketua komisi II DPR RI.

Ketua majelis hakim, John Halasan Butar-Butar langsung menggebrak dengan bertanya apakah proyek E-KTP adalah milik Partai Golkar. Ia menilai, proyek salah satu partai saja sangatlah tidak elok jika disebutkan karena DPR diisi oleh banyak partai.

“Ada istilah yang menyatakan proyek E-KTP adalah milik Golkar’,” ujar John.

Mantan Wakil Ketua Komisi II dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Teguh Juwarno menjawab jika istilah itu bukan istilah yang diperbincangkan di parlemen Senayan. “Sama sekali tidak pernah mendengar,” timpal Teguh.

Taufik Effendi juga mantan wakil ketua komisi II DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, menyatakan hal yang sama dengan Teguh Juwarno. Menurutnya, tidak ada pembicaraan soal proyek E-KTP yang disebut adalah milik Partai Golkar.

“Tidak pernah, Yang Mulia,” jawab Taufik.

Akui Terima

Dalam sidang itu, Jaksa KPK, Irene Putrie, membacakan Berita Acaran Pemeriksaan (BAP) atas nama anggota komisi II DPR RI dari fraksi Hanura, Miryam S Hariyani yang mengaku menerima amplop coklat ukuran folio.

Amplop itu diketahuinya sudah berada di rumahnya di Tanjung Barat Indah, Jakarta Selatan, sekitar tahun 2011. “Di dalam amplop itu ada uang dalam pecahan dolar Amerika dan ada kertas kecil dengan tulisan ‘Komisi II’,” kata Miryam dalam BAPnya.

Pada kasus ini, Miryam menjadi saksi kunci. Jaksa sudah memanggil dia untuk bersaksi di persidangan. “Miryam Haryani sudah konfirmasi tapi belum bisa hadir karena sakit,” kata Irene.

Sumber : http://politiktoday.com
Hakim Tanya Saksi Apakah Proyek E-KTP Jatah Golkar Hakim Tanya Saksi Apakah Proyek E-KTP Jatah Golkar Reviewed by ERA UMAT on 1:17 AM Rating: 5

No comments

Post AD

home ads