Header AD

header ads

Kreatifnya Monorel China, Menyelinap Masuk Menembus Apartemen


Era Ummat - Traveler pernah berkunjung ke negara China? Sudah tahu jika sana ada kereta monorel yang dibangun menembus sebuah apartemen 19 lantai.

Dilansir detikTravel dari berbagai sumber, Selasa (21/3/2017), letaknya ada di Stasiun Liziba, Kota Chongqing sebelah tenggara negara China. Negara ini memang terkenal dengan populasi penduduknya yang amat tinggi.

Mempunyai penduduk 49 juta di lahan 50 ribu kilometer persegi membuat pemerintah harus memutar otak. Karena perencanaan kota yang buruk malah akan menjadi permasalahan lahan selanjutnya.

Melihat hal itu, ide kreatif pun muncul. Hasilnya, sebuah stasiun kereta khusus dibangun menembus ke dalam blok apartemen yang ada di lantai keenam sampai lantai delapan.



Meski begitu, warga tak terganggu dengan adanya kereta ini walau hanya sebatas dinding yang memisahkan. Stasiun kereta yang sibuk dengan kebisingannya telah diredam oleh peralatan khusus.

Suara yang didengar oleh pemilik apartemen ini akan sama dengan suara dari mesin pencuci piring. Peredaman suara saat kereta lewat sudah dirancang sedemikian rupa agar tak mengganggu penghuni di atas maupun bawah stasiun.

Kota Chongqing merupakan salah satu dari empat kotamadya di Cina dan terletak di sepanjang tepi Sungai Yangtze. Kota ini memiliki kepadatan penduduk yang tinggi walau terletak di dataran tinggi dan dikelilingi oleh bukit-bukit.

Stasiun monorel Libiza sendiri dibuka pada tahun 2004 lalu. Kreatif bukan? (msl/krn)

Sumber : https://travel.detik.com
Kreatifnya Monorel China, Menyelinap Masuk Menembus Apartemen Kreatifnya Monorel China, Menyelinap Masuk Menembus Apartemen Reviewed by ERA UMAT on 6:55 PM Rating: 5

No comments

Post AD

home ads