Header AD

header ads

PERSAUDARAAN DALAM ISLAM


PANDAHULUAN


Menurut kamus Bahasa Indonesia, Persaudaraan dari kata dasar  ‘saudara’ yang artinya adik/kakak seayah dan seibu. Sedangkan arti persaudaraan adalah persahabatan yang sangat karib seperti layaknya saudara atau pertalian persahabatan yang serupa dengan pertalian saudara. Dengan kata lain, persaudaran adalah pertalian persahabatan yang sangat dekat bagaikan antara adik dan kakak seayah dan seibu. Kata persaudaraan dalam bahasa Arab biasa disebut dengan Ukhuwwah dan dalam bahasa Inggris disebut dengan Brotherhood.
Dalam ajaran Islam, persaudaraan atau ukhuwwah sangatlah penting dan  mendapatkan porsi perhatian  cukup signifikan. Oleh karena itu,  Al-Qur’an dan Sunnah Nabi saw memberikan pesan dan menganjurkan agar sesama muslim harus  senantiasa menjaga persaudaran sesama mereka. Dalam surat Al-Hujurat, Allah Swt memberikan statement sebagai berikut :  


 “Sesungguhnya orang-orang mu’min itu bersaudara karena itu damaikanlah diantara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat.”  (Al-Hujuraat : 10).
Nabi Muhammad saw juga berpesan kepada umatnya agar selalu menjaga persaudaraan dengan saling bantu membantu serta berbuat baik.

“Orang muslim itu saudara Muslim lainnya.” (HR Abu Dawud ). Dalam riwayat lain : “Orang mu’min dengan mu’min lainnya  bagaikan suatu bangungan  kokoh yang saling menguatkan antara satu dengan lainnya.” (HR Bukhori, Muslim, Tarmidzi dan Nasai’ dari Abu Musa Al-Asy’ari).  Dan masih banyak lagi hadits-hadits lain yang membicarakan tentang bagaimana seorang muslim bergaul dengan muslim lainnya.


MACAM-MACAM PERSAUDARAAN

Ditinjau secara sosiologis, persaudaraan  dibagi menjadi empat macam.Pertama, Persaudaraan Islam atau Al-Ukhuwwah Islamiyyah. Kedua,Persaudaraan Keluarga atau Al-Ukhuwwah An-Nasaliyyah. Ketiga, Persadaraan Sebangsa atau Al-Ukhuwwah Al-Wathaniyyah. Dan keempat, Persaudaraan sesama manusia atau Al-Ukhuwwah Al-Basyariyyah.


      Untuk lebih jelasnya akan kami uraikan berbagai macam jenis persaudaraan sebagai berikut :



Persaudaraan Islamiyyah

      

Dalam Islam telah dikenal adanya Persaudaraan Islamiyyah atau Al-Ukhuwwah Al-Islamiyyah. Hal ini didasarkan pada ajaran Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan Sunnah Nabi saw. Diantara firman Allah yang menjelaskan tentang masalah persaudaraan adalah : “Dan perpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan  hatimu, lalu menjadikan kamu karena nikmat Allah menjadi bersaudara; dan kamu telah berada di  tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya.” (Ali Imran : 103).


      Ayat di atas secara tegas menjelaskan bahwa agama Islam telah mempersatukan dan  mempersaudarakan pemeluknya. Dan mereka tidak diperbolehkan bercerai- berai dan  saling bermusuh-musuhan. Persaudaraan dalam Islam tidak sebatas pertalian persahabatan yang sangat  dekat bagaikan antara adik dan kakak seayah dan seibu, akan tetapi persaudaraan Islamiyyah menyangkut persaudaraan lahir dan batin. Hal ini telah dijelaskan oleh Nabi Muhammad saw dengan haditsnya : “seorang muslim itu adalah (seorang yang bisa menjaga) orang muslim lainnya selamat dari lidah dan tangannya.” Dan dalam riwayat lain Nabi bersabda : “perumpamaan orang-orang mukmin dalam saling cintai mencintai dan saling sayang menyayangi bagaikan satu anggota badan. Apabila salah satu anggota badan  merasa sakit, maka seluruh anggota badan tersebut ikut merasa sakit, seperti orang sakit terkena demam dan panas.” (HR Ahmad dan Muslim dari Nu’man bin Basyir). Dan masih banyak lagi hadits Nabi saw yang membahas tentang masalah persaudaran dalam Islam.          



Sumber : http://buletinmi.com/persaudaraan-dalam-islam/
PERSAUDARAAN DALAM ISLAM PERSAUDARAAN DALAM ISLAM Reviewed by KAJIAN TAFSIR on 1:57 AM Rating: 5

No comments

Post AD

home ads