Header AD

header ads

6 Momen Ketika Kita selalu Merindukan Ramadan di Masa Kecil

eraummat.com - Tak terasa ramadhan sebentar lagi datang. Selama sebulan penuh kita akan menjalankan ibadah puasa. Meskipun ramadhan masih beberapa hari lagi, kamu pasti sudah membayangkan berbagai aktivitas khas yang hanya akan ada saat ramadan.

Nah, di antara banyak aktivitas ramadan yang biasanya kamu jalankan, kamu pasti masih ingat dengan berbagai aktivitas ramadanmu saat kecil dong?

Memang momen itu sulit untuk diulangi lagi, tapi nggak ada salahnya kan kalau brilio.net coba ulas biar kamu jadi ingat dengan masa-masa kecilmu yang indah. Di antara banyak momen yang sangat manis untuk dikenang itu adalah:

1. Jalan-jalan setelah shubuh


 



Pamali tidur setelah shubuh atau di pagi hari. Begitulah mitos kuno yang masih banyak dipercaya. Nah, buat menghindari tidur setelah subuh, banyak orang yang memanfaatkan waktu itu untuk jalan-jalan ataupun jogging, tak terkecuali para muda-mudi. Tapi biasanya niat anak kecil hingga muda nggak hanya agar sehat, tapi juga jadi ajang buat ketemu dan nggodain lawan jenis. Wah, gimana tuh puasanya?

2. Suara petasan dan suara ronda pengingat sahur




Suara petasan jadi sesuatu yang khas saat ramadan. Sebelum masuk ramadan, suara petasan biasanya sudah mulai terdengar. Pedagang petasan dadakan pun banyak bermunculan di pinggiran jalan yang strategis. Puncaknya biasanya ada pada malam takbiran untuk menyambut lebaran.

Suara petasan pasti menggema di mana saja. Masa kecil biasanya jadi masa jahil-jahilnya orang. Kamu pun pasti pernah menjahili orang dengan petasan, kan? Saat ada orang lewat kamu tiba-tiba melempar petasan kecil. Alhasil, orang itu kaget dan kamu lalu lari sekencang-kencangnya karena dikejar orang yang kamu kerjai itu. Hahaha

3. Tarawih dan tadarus



 

Momen tarawih dan tadarus ramai-ramai pasti bikin kamu kangen banget dengan suasana ramadan. Bagaimana tidak? Tarawih jadi momen untuk menguji kamu seberapa sabarnya kamu melewati rakaat demi rakaat hingga mencapai 11 atau 23 rakaat. Begitu juga dengan tadarus bareng di masjid, momen yang bisa mengakrabkan kamu dengan teman-teman di sekitarmu.

Tapi buat anak-anak, tarawih jadi salah satu ajang untuk saling bercanda. Pernah kan, ketika temanmu sedang ingin tarawih tiba-tiba kamu mendorongnya. Balas-membalas pun mulai terjadi.

4. Jaburan


 

Jaburan merupakan tradisi makan-makan di masjid setelah menjalankan ibadah sholat tarawih. Makanan yang disiapkan bisa makanan berat maupun makanan ringan namun yang mengganjal di perut.

Pembawa makanan pun telah dibuat bergiliran antar jamaah masjid. Nah, momen ini jadi salah satu yang ditunggu-tunggu anak-anak. Saling rebutan makanan bisa tak terelakkan deh! Meskipun tradisi ini sudah jarang sekali dilakukan, sebenarnya tradisi ini bisa cara mempererat silaturahmi antar jamaah masjid, lho!

5. Buku agenda ramadhan

 



 

Saat SD kamu pasti pernah pegang buku agenda ramadan, kan? Buku sakti ini jadi cara guru agama Islam untuk memantau aktivitas ramadanmu. Di buku itu kamu biasanya diminta untuk mengisi daftar kamu puasa atau nggak maupun daftar sholat 5 waktu. Yang paling kamu ingat pasti daftar salat tarawih. Kamu harus meminta tanda tangan imam tarawih. Padahal sebenarnya kamu cuma ikut tarawih beberapa rakaat saja. Ngaku deh!

6. Pesantren kilat


 


Pesantren kilat jadi salah satu agenda wajib sekolah untuk mengisi kegiatan di bulan puasa. berbagai materi tentang cara berpuasa, keutamaan puasa hingga materi zakat biasanya disampaikan di sini. Tapi dari sekian banyak siswa yang ikut, bisa dihitung deh seberapa banyak yang mendengarkan dengan serius.

Sisanya biasanya ngobrol sendiri, kalau nggak gitu pasti ngrrecokin guru yang jadi pemateri dengan cara menyela pembicaraan dengan kata-kata lucu yang membuat suasana jadi gaduh.

7. Bukber di Masjid

8. Ngabuburit 


Itulah beberapa momen-momen unik saat armadhan. Pastinya kamu masih punya banyak momen unik lainnya. Setelah kamu selesai baca tulisan ini, saatnya kamu buat mengenang keunikan ramadhan yang lain versi kamu.
6 Momen Ketika Kita selalu Merindukan Ramadan di Masa Kecil 6 Momen Ketika Kita selalu Merindukan Ramadan di Masa Kecil Reviewed by ERA UMAT on 7:55 PM Rating: 5

No comments

Post AD

home ads