Header AD

header ads

HUKUM MAAF-MAAFAN SEBELUM RAMADHAN

Pertanyaan:
Mau tanya ustad: apakah ada dalilnya kalau menjelang Bulan Romadhon kita saling bermaaf-maafan..dan juga setelah bulan Romadhon..”


Jawaban:
Syaikh ‘Abdul Aziz bin ‘Abdillah bin Baz rahimahullah pernah ditanya mengenai amalan-amalan khusus menyambut bulan Ramadhan. Beliau mengatakan:
“…Aku tidak mengetahui ada amalan tertentu untuk menyambut bulan Ramadhan selain seorang muslim menyambutnya dengan bergembira, senang dan penuh suka cita serta bersyukur kepada Allah karena sudah berjumpa kembali dengan bulan Ramadhan…”

Oleh karena itu tidaklah tepat maaf memaafkan menjelang ramadhan, karena maaf memaafkan boleh kapan saja. Lantas mengapa dikhususkan menjelang Ramadhan? Apa dasarnya ?

Adapun meminta maaf “tanpa sebab dan dilakukan kepada semua orang yang ditemui” tidak pernah diajarkan oleh Islam. Orang yang “meminta maaf tanpa sebab” kepada semua orang bisa terjerumus pada sikap ghuluw (berlebihan) dalam beragama. Begitu pula, mengkhususkan suatu waktu untuk meminta maaf dan dikerjakan secara rutin setiap tahun tidak dibenarkan dalam Islam dan bukan ajaran Islam.
HUKUM MAAF-MAAFAN SEBELUM RAMADHAN HUKUM MAAF-MAAFAN SEBELUM RAMADHAN Reviewed by ERA UMAT on 4:27 AM Rating: 5

No comments

Post AD

home ads