Header AD

header ads

[Video] Mari Persiapkan Diri Menyambut Ramadhan (Kajian Tafsir Tematik, 30 April 2017)


Tanpa terasa telah dekat kita pada bulan istimewa, bulan Ramadhan dimana di bulan ini AlQuran pertama kali turun. AlQuran sebagai pedoman dan petunjuk manusia. sebagaimana firmanNya dalam Q.S Al Baqarah ayat 185 :" (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).

Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. 

Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. " Dan juga telah diwajibkan untuk kita berpuasa dalam bulan ini seperti yang termuat dalam ayat Q.S ALBaqarah ayat 183,"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, "

Agar kita dapat memanfaatkan bulan ini dengan sebaik baiknya ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebagai berikut:

1. Persiapan ruh keimanan (I`dad Ruhi Imani)

Orang orang yang saleh biasa melakukan persiapan ini seawal mungkin sebelum datang Ramadhan. Bahkan mereka sudah merindukan kedatangannya sejak bulan Rajab dan Sya’ban. Biasanya mereka berdoa : "*Ya Allah, berikanlah kepada kami keberkatan pada bulan Rajab dan Sya’ban, serta sampaikanlah kami kepada Ramadhan*."

Dalam rangka persiapan ruh keimanan itu, dalam surah At-Taubah Allah melarang kita melakukan berbagai maksiat dan kedzhaliman sejak bulan Rajab. Tapi bukan berarti di bulan lain dibolehkan. Hal ini dimaksudkan agar sejak bulan Rajab kadar keimanan kita sudah meningkat. Boleh dikiaskan, bulan Rajab dan Sya’ban adalah masa pemanasan *(warming up),* sehingga ketika memasuki Ramadhan kita sudah bisa bisa menjalani ibadah shaum dan sebagainya itu bak sudah terbiasa.

2. Persiapan fisik (I`dad jasadi)

Untuk memasuki Ramadhan kita memerlukan fisik yang lebih prima dari biasanya. Sebab, jika fisik lemah, bisa-bisa kemuliaan yang dilimpahkan Allah pada bulan Ramadhan tidak dapat kita raih secara optimal. Maka, sejak bulan Rajab Rasulullah dan para sahabat membiasakan diri melatih fisik dan mental dengan melakukan puasa sunnah, banyak berinteraksi dengan al-Qur’an, biasa bangun malam (*qiyamul-lail*), dan meningkatkan aktivitas saat berkecimpung dalam gerak dinamika masyarakat.

3. Persiapan harta (I`dad Maliyah)

Persiapan harta bukan untuk membeli keperluan buka puasa
atau hidangan lebaran sebagaimana tradisi kita selama ini. Memersiapkan harta adalah untuk melipatgandakan sedekah, karena Ramadhan pun merupakan bulan memperbanyak sedekah. Pahala bersedekah pada bulan ini berlipat ganda dibandingkan bulan-bulan biasa.

4. Persiapan Intelektual dan keilmuan (I`dad Fikri wa Ilmi)

Agar ibadah Ramadhan bisa optimal, diperlukan bekal wawasan dan *tashawur *(persepsi) yang benar tentang Ramadhan. Caranya dengan membaca berbagai bahan rujukan
dan menghadiri majelis ilmu tentang Ramadhan. Kegiatan ini berguna untuk mengarahkan kita agar beribadah sesuai tuntunan Rasulullah SAW, selama Ramadhan. Menghafal ayat-ayat dan doa-doa yang berkait dengan perlbagai jenis ibadah, atau menguasai berbagai masalah dalam fiqh puasa, juga penting untuk dipersiapkan.

Semoga dengan bersiap, kita bisa memaksimalkan bulan Ramadhan sebagai bulan peningkatan kualitas diri kita sehingga kita mampu menghadapi berbagai macam tantangan di bulan bulan berikutnya. (fb)

Berikut Videonya :

Ustadz Imam Mudzakir, Lc Ramadhan Tahun Ini Harus Lebih Baik dengan Ramadhan Tahun Lalu Part 1




Ustadz Imam Mudzakir, Lc   Ramadhan Tahun Ini Harus Lebih Baik dengan Ramadhan Tahun Lalu Part 2



[Video] Mari Persiapkan Diri Menyambut Ramadhan (Kajian Tafsir Tematik, 30 April 2017) [Video] Mari Persiapkan Diri Menyambut Ramadhan (Kajian Tafsir Tematik, 30 April 2017) Reviewed by ERA UMAT on 8:44 PM Rating: 5

No comments

Post AD

home ads