Header AD

header ads

Jamaah Haji Indonesia Ubah Lobi Hotel Menjadi Tempat Upacara HUT RI ke-72 |eraummat.com|

.

Meski berada jauh dari Tanah Air dan sedang menjalankan proses ibadah Haji di Tanah Suci, sejumlah jemaah haji Indonesia tetap menggelar upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-72. Sejumlah jemaah dari Surakarta, Yogyakarta, Palembang, Kalimantan Selatan, serta Jakarta yang ada di Mekah menyulap ruang pertemuan Hotel Abraz Al Wihdah menjadi lapangan upacara.

Ketua kloter 2 Embarkasi Banjarmasin, Sahmiran, didaulat menjadi komandan upacara. Sahmiran mengatakan bahwa dirinya sangat terharu dapat menggelar upacara perayaan kemerdekaan tersebut di Tanah Suci. Para jemaah membuktikan bahwa kecintaan mereka kepada tanah air tidak perlu diragukan meskipun sedang jauh dari tanah air.


“Upacara ini memiliki kesan yang mendalam bagi saya, sebagai ketua kloter, terlebih lagi diminta menjadi komandan upacara memperingati hari kemerdekaan negara sendiri di negara orang lain,” kata Sahmiran, dikutip dari kemenag.go.id, Jumat, 18 Agustus 2017.

Sahmiran mengatakan pada awalnya ia ingin memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-72 hanya dengan jemaah anggota kloternya saja yang berasal dari Kabupaten Banjar. Alhamdulillah keinginan tersebut menjadi berkembang cukup besar saat kloternya mendapat undangan dari Sektor 9 untuk bersama-sama melaksanakan upacara bendera.

“Alhamdulillah dapat melaksanakan upacara bendera bersama-sama di Tanah Suci. Semoga saja dengan pelaksanaan upacara bendera di tengah pelaksanaan rangkaian ibadah haji, Allah memberikan keselamatan dan kesejahteraan bagi bangsa Indonesia,” ucap Sahmiran berharap.

Selain di Mekah, para jemaah dan petugas pendamping haji yang berada di Madinah juga menggelar upacara peringatan kemerdekaan. Upacara dilaksanakan di lobi kantor Daker Madinah.

Pada upacara di Madinah tersebut, Kepala Daker Madinah, Amin Handoyo menjadi inspektur upacara. Dalam sambutannya, dia mengisahkan Rasulullah sampai menitikkan air mata karena mendapat sambutan dengan tangan terbuka ketika tiba di Madinah dalam peristiwa hijrah.

“Nabi Muhammad memiliki kecintaan luar biasa kepada tanah airnya ,” ucap Amin.

Para jemaah haji tersebut sungguh sangat mencintai tanah air mereka. Dalam Islam pun salah satu tanda keimanan seseorang adalah ia mencintai tanah air. Islam memerintahkan kita untuk melakukan hal terbaik untuk tanah air, mempertahankan jika ada yang mencoba merebut atau menjajah. Dan semua itu telah dibuktikan dengan perjuangan para pahlawan Islam yang mengorbankan harta, jiwa dan raga mereka untuk kemerdekaan Indonesia.

Lalu, bagaimana dengan kita? Seberapa besar cinta kita terhadap Indonesia?


Sumber : Ngelmu.id
Jamaah Haji Indonesia Ubah Lobi Hotel Menjadi Tempat Upacara HUT RI ke-72 |eraummat.com| Jamaah Haji Indonesia Ubah Lobi Hotel Menjadi Tempat Upacara HUT RI ke-72 |eraummat.com| Reviewed by ERA UMAT on 6:12 AM Rating: 5

No comments

Post AD

home ads