Header AD

header ads

Ayah Ibu Perhatikan Tarbiyah Anakmu! (eraummat.com)

Google Image
PERKARA PENTING YANG PERLU DIPERHATIKAN OLEH PARA ORANGTUA DALAM MEMERANKAN ANDILNYA TERHADAP TARBIYAH ANAK, DIANTARANYA:

❶ Memulainya dengan memperbaiki keadaan dirinya sendiri, menjadikan dirinya sebagai seorang hamba yang shalih dan shalihah, hamba yang beriman dan bertaqwa. Allah ta'ala berfirman:
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا

"Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah DIRIMU dan keluargamu dari api neraka." (QS. at-Tahrim: 6)

❷ Seorang lelaki memilih istri yang shalihah ataupun seorang wanita memilih suami yang shalih, dari keluarga yang baik, shalih dan shalihah. Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam pun menganjurkan memilih istri yang baik agamanya,

تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لِأَرْبَعٍ : لِمَالِهَا ، وَلِحَسَبِهَا ، وَلِجَمَالِهَا ، وَلِدِينِهَا ، فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّينِ تَرِبَتْ يَدَاكَ .

"Wanita biasanya dinikahi karena empat hal: karena hartanya, karena kedudukannya, karena parasnya dan karena agamanya. Maka hendaklah kamu pilih wanita yang bagus agamanya (keislamannya). Kalau tidak demikian, niscaya kamu akan merugi." (HR. Bukhari-Muslim)

▪ Kemudian sabda nabi Shallallahu 'alaihi wasallam:

” إِيَّاكُمْ وَ خَضْرَاءَ الدِّمَنِ". قِيلَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، وَ مَا خَضْرَاءُ الدِّمَنِ؟ قَالَ: "الْمَرْأَةُ الْحَسْنَاءُ فِي مَنْبِتِ السَّوْءِ .”

"Hati-hati kalian dari wanita-wanita — hudhoro ad-diman —, para shahabat berkata: "Apa yang dimaksud dengan — hudhoro ad-diman — wahai Rasulullah?" Rasulullah bersabda: "Wanita-wanita yang cantik jelita tetapi tumbuhnya di tempat-tempat yang jelek (keluarga yang kurang baik)." (HR. Ad-Daruquthniy dari Abu Sa'id al-Khudriy)

Bagi para suami istri yang sudah terlanjur menikah tidak ada kata terlambat bagi kita untuk sama-sama memperbaiki diri-diri kita.

#Mulailah dari diri sendiri
Ayah Ibu Perhatikan Tarbiyah Anakmu! (eraummat.com) Ayah Ibu Perhatikan Tarbiyah Anakmu! (eraummat.com) Reviewed by welcome on 3:36 PM Rating: 5

No comments

Post AD

home ads