Header AD

header ads

Pembukaan Bandara Turki Terbesar Dunia, dihadiri Lebih 50 kepala Negara termasuk Juara Bela Diri UFC Khabib Nurmagomedov



eraummat.com - Mega Bandara Istanbul Turki, bandara terbesar didunia saat ini dibuka dengan upacara besar pada Hari Republik, memperkuat peran kunci Turki untuk ekonomi global. Dihadiri Lebih 50 kepala Negara termasuk Juara Bela diri UFC yang Viral Khabib Nurmagomedov.


Beberapa jam sebelum apa yang disebutnya "pembukaan bersejarah," Erdogan menggambarkan proyek itu sebagai salah satu yang "paling bergengsi" di dunia dan merupakan simbol kekuatan Turki di masa-masa serangan ekonomi.


Bandara Istanbul, Mega proyek landmark bernilai miliaran dolar, dibuka dengan upacara besar pada ulang tahun ke-95 Republik Turki dengan tujuan menghubungkan dunia, meningkatkan ekonomi lokal dan global


Turki telah menyaksikan momen bersejarah dengan pembukaan bandara baru Istanbul pada peringatan ke-95 tahun berdirinya Republik. Upacara pembukaan untuk tahap pertama bandara diadakan dengan Presiden Recep Tayyip Erdoğan, menteri Turki, pejabat dan kepala negara dari seluruh dunia yang hadir. Megaproyek kunci Turki bertujuan untuk memperkuat peran vital negara dalam mengintegrasikan ekonomi global dengan menghubungkan 60 negara dengan total ukuran ekonomi melebihi $ 20 miliar. Dalam pidatonya pada upacara pembukaan, Presiden Erdoğan mengumumkan nama bandara terbaru negara itu. "Istanbul bukan hanya kota terbesar di Turki, tetapi itu adalah merek paling berharga di negara kami. Karena itu, nama bandara baru itu adalah Bandara Istanbul," katanya. Bandara Atatürk yang saat ini beroperasi akan segera mengakhiri penerbangan komersial tetapi akan tetap menjadi tempat bagi pameran internasional, khususnya acara penerbangan, kata presiden. Area terbuka bandara akan dirancang ulang sebagai taman publik, seperti yang diumumkan sebelumnya.

Presiden Erdoğan menyoroti lokasi penting Turki di sumbu utara-selatan dan timur-barat.

"Bandara Istanbul, oleh karena itu, memperkuat peran kunci Turki dalam integrasi ekonomi global. Bandara tidak hanya melayani Turki, tetapi juga kawasan dan dunia."


Bandara akan memberikan kenyamanan maksimal bagi penumpang dengan sistem kereta api, transportasi laut dan transportasi darat, tambahnya.

Untuk pembiayaan pembangunan, kata presiden, tidak ada jaminan Treasury yang disediakan. Pemberi pinjaman negara Turki Halkbank, Vakıfbank dan Ziraat Bank dan pemberi pinjaman swasta lainnya Denizbank, Finansbank dan Garanti Bank memberikan $ 4,5 miliar untuk pembangunan bandara. Fase pertama bandara dibangun dengan biaya 6 miliar euro ($ 7,2 miliar) dengan model kemitraan publik-swasta (PPP) oleh konsorsium kontraktor terkemuka Turki Limak, Kolin, Cengiz, Mapa dan Kalyon.


Total biaya investasi proyek raksasa itu diperkirakan mencapai sekitar 26,1 miliar euro. Tahap pertama akan memulai operasi dengan dua landasan pacu - 3.750 dan 4.100 meter, masing-masing - menara kontrol lalu lintas udara dan bangunan layanan. Sekitar 200.000 buruh bekerja selama pembangunan tahap pertama. Diharapkan bahwa 2.000 pesawat setiap hari akan melewati bandara pada akhir tahun ke lebih dari 350 tujuan oleh lebih dari 250 operator.

Fase lain dari bandara, yang dibangun di atas lahan seluas 76,5 juta meter persegi, direncanakan akan selesai pada 2023. Ketika pembangunan semua fase selesai, bandara akan memiliki enam landasan pacu dan beroperasi dengan kapasitas untuk lebih banyak dari 500 pesawat. Tempat parkir terbuka dan tertutup dari bandara akan dapat melayani 70.000 mobil.

Selesai hanya dalam waktu 42 bulan, bandara baru Istanbul juga akan menjadi rumah bagi kompleks perbelanjaan bebas tugas terbesar di dunia. Bandara baru Istanbul akan menjadi rumah bagi kompleks perbelanjaan bebas tugas terbesar di dunia. Kompleks perbelanjaan seluas 53.000 meter persegi ini akan terdiri dari enam bagian, termasuk toko mewah dan konsep bazaar.

Pada akhir tahun, bandara baru akan mampu menangani hingga 90 juta penumpang setiap tahun dengan bangunan terminal 1,4 juta meter persegi, peringkat di lima besar dunia. Jumlah itu akan meningkat menjadi 200 juta penumpang ketika semua fasilitas selesai pada 2028 dan akan menjadi bandara terbesar di dunia.

Menteri Transportasi dan Infrastruktur Mehmet Cahit Turhan menekankan bahwa perusahaan penerbangan yang saat ini tidak memiliki penerbangan reguler ke Turki, akan mulai beroperasi dari bandara baru.

"Sepertiga penduduk dunia akan terhubung ke Istanbul dengan bandara baru," kata Turhan.

Sampai pada tahun 2017 Bandara Atlanta di AS adalah bandara terbesar, dengan hanya di bawah 104 juta penumpang, menurut angka Airport Council International (ACI). Berikutnya Bandara Beijing RRChina Tiongkok dengan 95,7 juta penumpang, Dubai Uni Emirat Arab (UAE) 88,2 juta, Tokyo Jepang 85,4 juta dan Los Angeles 84,5 juta.


Di Eropa, London-Heathrow menempati peringkat ketujuh secara global dengan 78 juta penumpang tahun lalu. Paris-Charles de Gaulle berada di posisi 10 dengan 69,4 juta, Amsterdam 11 dengan 68,5 juta, Frankfurt 14 di 64,5 juta dan kemudian Istanbul di posisi 15 dengan 64,1 juta. ACI mengatakan lalu lintas udara Turki tumbuh 10,9 persen tahun lalu, mengambil kecepatan di paruh pertama 2018 menjadi 15,7 persen.

Upacara ini dihadiri oleh lebih dari 50 pemimpin asing, menteri dan pejabat tingkat tinggi termasuk Qatar Emir Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani, Presiden Serbia Aleksandar Vucic, Presiden Kosovo Hashim Thaci, Presiden Macedonia Gjorge Ivanov, Presiden Moldova Igor Dodon, Presiden Pakistan Arif Alvi, Presiden Siprus Turki Mustafa Akıncı, Presiden Kyrgyz Sooronbay Jeenbekov, Presiden Sudan Omar Hassan Ahmad al-Bashir, Mantan Presiden Albania Ilir Meta, PM Bulgaria Boyko Borisov, Wakil PM Slovenia Alenka Bratusek, Georgia FM David Zalkaliani, FM Iran Cevad Zarif , Ketua Dewan Menteri Bosnia dan Herzegovina Denis Zvizdić, Gubernur Republik Otonomi Gagauz, Irina Vlah.

Juara UFC Khabib Nurmagomedov menghadiri upacara pembukaan Bandara Istanbul, bertemu dengan Erdoğan

Atlet seni bela diri campuran (Mixed martial Arts) asal Rusia yang viral, Khabib Nurmagomedov, juga menghadiri upacara pembukaan Grand Airport Istanbul pada Senin malam. Petarung itu juga bertemu dengan Presiden Recep Tayyip Erdoğan setelah upacara. Nurmagomedov, seorang Petarung Muslim Rusia berusia 30 tahun, mempertahankan mahkota juara UFC-nya dengan kemenangan dan aksi kontroversial yang viral atas petarung Irlandia McGregor di Las Vegas.

Bandara ini meningkatkan posisi Istanbul sebagai Pusat (hub) penerbangan global, bandara baru ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap ekonomi Turki. Mempertimbangkan dampak ekonomi dari bandara, bandara baru Istanbul akan menyediakan lapangan kerja bagi 225.000 orang pada tahun 2025. Pendapatan rumah tangga tambahan yang akan dihasilkan akan naik menjadi $ 4,4 miliar dan kontribusinya terhadap perekonomian akan mencapai sekitar 4,9 persen dari pendapatan nasional (TL 73 milyar).

Interior bandara memberi penghormatan pada desain Turki dan Islam dan menara pengendali lalu lintas udara berbentuk tulip memenangkan Penghargaan Arsitektur Internasional 2016. Ini juga menggunakan aplikasi mobile dan kecerdasan buatan untuk pelanggan, hemat energi dan menawarkan sistem keamanan berteknologi tinggi.

Semua operasi penerbangan akan pindah ke bandara baru pada akhir Desember ketika bandara internasional utama Istanbul, yang diberi nama setelah pendiri Turki Mustafa Kemal Atatürk, ditutup. Bandara Atatürk, yang sekarang menangani 64 juta orang per tahun, akan bertransisi untuk penggunaan lain, seperti kegiatan pelatihan, pameran penerbangan, dan penggunaan sipil. Di sisi Asia kota, Bandara Sabiha Gökçen, yang menangani 31 juta penumpang tahun lalu, akan tetap terbuka.- Sumber Daily Sabah, Hurriyet


Video :



sumber : fb
Pembukaan Bandara Turki Terbesar Dunia, dihadiri Lebih 50 kepala Negara termasuk Juara Bela Diri UFC Khabib Nurmagomedov Pembukaan Bandara Turki Terbesar Dunia, dihadiri Lebih 50 kepala Negara termasuk Juara Bela Diri UFC Khabib Nurmagomedov Reviewed by ERA UMAT on 11:25 PM Rating: 5

1 comment

Post AD

home ads