Header AD

header ads

Adab Sebelum Tidur Sesuai Sunnah (Video)



ERAUMMAT.COM - Bismillah, alhandulillah segala puji bagi Allah yang melimpahkan rahmatNya dengan mengutus RasulNya untuk membimbing kita kepada jalan yang haq, yang membimbing kita pada adab adab, sehingga kita mampu menjalani hidup dengan indah, penuh cinta dan harap. sahabat muslim, ini adalah sebagian adab yang mesti kita lakukan diantaranya adalah adab sebelum tidur. yang dengannya kita melakukan hal itu setiap hari. tidak ada yang lebih baik, lebih indah, lebih menenangkan kecuali melakukan sesuatu yang sesuai dengan contoh  dari Rasulullah saw, dari lisan dan perilakunya. semoga kita istoqomah dalam menjalankan sunnah-sunnah Nabi saw sehingga kita termasuk golongan yang ittiba' Rasul. dan semoga Rasulullah pun meggenal kita di hari yang kita membutuhkanNya nanti, karena kesungguhan kita, dalam menjalankan sunnah sunnahnya.











Berikut adalah adab adab sebelum tidur sesuai yang dicontohkan Nabi kita SAW :

1. Tidur segera
    Berdasarkan hadist yang bersumber dari Aisyah ra “Bahwasannya Rasulullah saw tidur      pada awal malam dan bangun pada penghujung malam, lalu beliau melakukan sholat        (sunnah)” (Muttafaq ‘Alaih).

2. Disunnahkan berwudhu sebelum tidur, dan berbaring miring ke sebelah               kanan.
     Al Baro’ bin ‘Azib ra menuturkan, Rasulullah saw bersabda “Apabila kamu akan tidur,      maka berwudhulah sebagaimana wudhu untuk sholat. Kemudian berbaringlah dengan       miring ke sebelah kanan” dan tidak mengapa berbalik kesebelah kiri nantinya

3. Menutup pintu jemdela dan memadamkan api dan lampu sebelum tidur.
    Dari Jabir ra, diriwayatkan bahwa Rasulullah saw, bersabda "Padamkanlah lampu di            malam hari apabila kamu akan tidur, tutuplah pintu, tutuplah rapat rapat bejana-               bejana dan tutuplah makanan dan minuman."

4. Disunnahkan pula mengibaskan seprai atau alas tidur lainnya tiga kali sebelum berbaring.
Berdasarkan hadist Abu Hurairoh ra bahwasannya Rasulullah saw bersabda “ Apabila salah seorang dari kalian akan tidur pada tempat tidurnya, maka hendaklah mengirapkan kainnya pada tempat tidurnya itu terlebih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang ada di atasnya.” di dalam suatu riwayat dikatakan dilakukan tiga kali” (Muttafaq 'Alaih)

5. Intropeksi diri (muhasabah) sesaat sebelum tidur.

Sangat dianjurkan sekali bagi setiap muslim untuk melakukan muhasabah sesaat sebelum tidur, mengevaluasi segala perbuatan yang telah ia lakukan di siang hari. lalu jika ia dapatkan perbuatannya baik maka hendaknya memuji Allah SWT, dan jika sebaliknya maka hendaknya segera memohon ampunan-Nya, kembali dan bertaubat kepadanya.

6. Membaca beberapa ayat Al Quran
Membaca Surah Al Ikhlas dan Al Mu'awwidzatain sembari menegadahkan kedua telapak tangan kemudian meniup lalu mengusapkan keseluruh bagian tubuh, dilakukan tiga kali. kemudian membaca Ayat Kursi, dua ayat terakhir surat Al Baqorah,  dan surat Al Mulk. Karena banyak hadist yang menganjurkan hal tersebut.

7. Membaca doa-doa dan dzikir.
     Seperti yang diriwayatkan secara shohih dari Rasulullah SAW




"Ya Allah peliharalah aku dari azab-Mu pada hari Engkau membangkitakan kembali segenap hamba-hamba-Mu" 3x (HR. Abu Dawud dan Hasankan oleh Al Bani)

dan membaca 



"Dengan menyebut nama-Mu ya Allah, aku mati dan aku hidup. "(HR. Al Bukhori)

8. Apabila di saat tidur merasa kaget atau gelisa atau merasa ketakutan
maka disunnahkan berdoa dengan berdoa sebagai berikut.


"Aku berlindung kepada kalimat-kalimat Allah yang sempurna dan murka-Nya, kejahatan hamba-hamba-Nya dari bisikan setan dan kehadiran meraka kepadaku. (HR. Abu Dawud dan dihasankan Al Bani)

semoga bermanfaat

Adab Sebelum Tidur Sesuai Sunnah (Video) Adab Sebelum Tidur Sesuai Sunnah (Video) Reviewed by ERA UMAT on 6:14 AM Rating: 5

No comments

Post AD

home ads